Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apakah wanita dari suku batak pasangannya harus pria batak juga?

ForumPersahabatan dan hubungan

51 – 75 dari 128    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  4 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • FTN749

    16 November 2015

    keturunan jendral balige lae dia ga tau opung gw panglima besar teempur lawan penjajah jepang belanda merebut lautan api ajibata  asli toba kagak luntur

    maaf ya kalau ada salah kata aku minta maaf mauliate ma

    NANDEZ561 tulis:

    Beginih kalau yg diskusi halak batak semua.. Jd mulai muncul urat"nya.. hehehe
    Lae @FTN749 Jng terlalu keras"lah lae:-p
    Biarkan mereka merdeka dng pemahaman & pola pikiran masing"..
    Krn pd dasarnya byk saudara qt tdk mengenal adat lg krn faktor ortu, lingkungan & personal . Jd qt tdk bs menyalahkan maupun menghakimi lae..
    Sebenarnya baik memberikan suatu kebenaran tentang pemahaman adat & kultur, tp alangkah baiknya memberitahukan itu melalui pendekatan yg humanis..
    Krn gak semua orng bs menerima maupun mengerti tentang pemahaman & penjelasan qt..

  • HERNA870

    16 November 2015

    Admin kayanya lagi bobo, hehe

  • MERMAN459

    16 November 2015

    ;-):up:...kerennn!!!

    bagi2 dong pengetahuannya bro...8-)

    FTN749 tulis:

    bro athur

    bro lu baca simak baik baik gw cuma buka pemikiran orang batak jangan salah dengan adat,

    bro kalau lihat sekarang adat tidak dihiraukan banyak akibat yang di terima ,contoh marsiambilan dah banyak orang batak kayak gitu selain itu gw buka pikiran juga untuk orang yang mau dengan suku lain.dan biar tau  betapa besar nya harga diri  marga itu yang dijaga .orang batak, dalam suku tidak ada yang di katakan suku orang  batak  paham liberal( di ketawain orang lu nanti) tau gak arti tujuan paham liberal? bro bro laki laki batak bukan memperbaiki malah tambah hancur malu lah sama boru batak gimana lu tau adat mungkin martutur lu bingung (sorry gw ga bisa lihat laki laki batak daleh)

    lu tanya adat mana itu adat (taput) kalo tapsel gw ga pernah pelajari,karo lbh ngeri adatnya keras (bre boru ni mama) itu terbawa ga bisa main main tak ada toleransi kaya( taput) jadi semua suku batak itu sama tujuan dan maksud nya cuma cara nya yang berbeda.

    jaga adat batak bukan cuma bilang aku bangga orang batak kalau ga tau adat batak.

    jangan bangga jadi orang batak kalau tidak mengadati  makanya ada orang anak udah mau nikah bapak mama nya di adati karna kebanggan nya jadi orang batak

    bertahun tahun merantau pulang hanya untuk di adati suatu kebanggaan kita orang batak. belajar lae kebanggan mu hanya seujung kuku

    mudah mudahan terbuka fikiran kita orang batak

    horas horas horas

  • NANDEZ561

    16 November 2015

    Sejujurnya tdk ada yg salah dng pemahaman & pendapat ito & lae semuanya..
    Semuanya pnya pandangan masing", dan itu baik.
    Inilah halak batak kalau berdebat pasti seperti bertengkar.
    Tp saya yakin ito & lae semuanya sdh mengerti akan itu.. Pastinya jg sdh biasa melihat pemandangan sperti ini..
    Dan saya jg yakin bila perdebatan yg terjadi di dalam forum in tdk akan membuat tali persaudaraan diantara qt semua sbgai suku batak terpecah.. Bila ada konflik itu biasa terjadi, krn sbgai orng batak biasanya mereka memang keras mengutarakan pendapat mereka..
    Ya sekali lg inilah suku batak, tidak ad yg salah, tdk ad yg bnr, diluar itu semua mereka tetap akan menjaga kekompakkan mereka, krn Jati diri sebagai orng Batak tdk akan pernah hilang.. mari semua berjabat tangan :-)

    @HERNA870 Mohon pengertiaanya ito, bila ada perkataan yg tdk berkenan mohon dimaafkaan ya ito..;-)
    @ARTHUR192 Dr bahasa lae saya rasa lae orang yg cukup bisa memahami & mengerti, jd saya rasa lae tau apa yg hrs dilakukan..;-)
    @IPONEST944 Tdk ada SARA dsni bro,. Ya bginilah cara orng batak kalau berpendapat.. Mungkin bagi bro yg blm mengetahui terlihat agak keras & kasar.. Tp bagi yg sdh mengetahui sdh bs memahami.. Sebenarnya qt hnya perlu saling memahami aja.. ;-)
    @FTN749 Gpp lae, santai aja..Tahan emosi ya lae, nnati cepet tua loh!! hehehe;-)
    @MERMAN459 Tdk ada yg perlu di bagi2 bro, semua orang batak pny pengetahuan yg bagus qo.. Cm masing" pribadi beda" aja cara menyikapinya.. Mari qt saling memahami & saling mengerti ya bro;-)

    Sekian & terima kasih, rapat DPR hari ini selesai sampai disini yyaa..
    Pemirsa mari tidur sdh malam.. hehe
    GBU All^-^

  • TATA304

    16 November 2015

    Setuju dengan sis Herna dan bro Arthur.
    Menghargai adat tidak membuat menikah dengan sesama suku mnjdi Harga Mati.
    Siapa kita mendahului Tuhan dalam menentukan suku mana yang harus dan tidak harus dinikahi. Bukankah Tuhan sendri yg ciptain kita beragam, berarti Dia jg suka keragaman.

    Dari kenyataan yg saya liat di lapangan, orng batak itu sngt menghargai keragaman suku dan adat istiadat orang lain. Kenyataan lainnya walau sang ayah raja parhata maupun tokoh adat mereka anteng2 aja tu anak2 mereka menikah dgn suku yg berbeda2 bahkan dgn bule juga asal seiman tidak mjdi masalah dan contoh ini bukan hanya dari satu dua keluarga saja namun banyak. Toh mau sama atau beda tetap bisa mangadati, walau bila beda hanya ada sdkit tambahan adat saja. Jadi apakah para tokoh adat  yg jumlahnya tidak sdikit itu out of their mind?, hmm i don't think so :)

    Jika jodohnya emang dari suku lain biarlah demikian, kan ga dosa bukan dan ga benar2 menyalahi adat juga. Buat apa memaksakan diri menikah dgn sesuku klo memang tidak klop hanya demi harga diri dan penghormatan orang lain (mereka hanya penonton lo, bukan pemeran utama). Ok, hari ini dia dibuat layaknya putri raja dan orang tuanya dibuat merasa terhormat di pesta hajatan sehari itu. Namun esoknya sang putri harus menghadapi neraka seumur hidup hanya demi harga diri di depan orang lain, dan yg terburuk adalah mereka akhirnya berpisah. Jika itu yg terjadi, apa artinya penghormatan dan harga diri tinggi di sebuah pesta sehari yg dulu itu, bukankah itu lebih mempermalukan dan membuat sedih ortu??, dp menikah dgn beda suku namun sang ayah lega menyerahkan anaknya pada menantu yang bisa saling menghargai dan menghormati dgn anaknya pasti ini lebih membahagiakan ortu. Apalagi pasangan ini tetap menghargai adat, mereka pasti akan diterima dgn tangan terbuka oleh komunitas adat tsb.
    So, mari letakkan harga diri dan kehormatan di t4 yg tepat dan tetap berdiskusi dgn kepala dingin.
    Btw maaf bila ad kata2 yg kurang berkenan n maaf juga kalo kepanjangan.
    GBuS :)

    Nb: (karo lbh ngeri adatnya keras (bre boru ni mama)) Letak ngeri dan letak kerasnya dmana bpak FTN, yg saya tau sh hanya sedikit lebih sopan dan mehamat saja. Bagi yg bener2 g tau bisa jadi horor tu bpak buat, padahal mah biasa aj. :)

    HERNA870 tulis:

    Kalo saya jatuh cinta, saya tidak akan batasi suku mana. Klo pasangan hidup saya batak, puji Tuhan. Kalo ga juga Puji Tuhan juga. Silahkan mau membuat prioritas2 kriteria. apakah kriteria suku menjadi prioritas utama. Saya juga cuma mau membuka pikiran temen2 yg kaku bgt seandainya ada dalam pilihan sulit. Sbg Kristen, kita tidak lagi membatasi kepada siapa kita jatuh cinta. Cukup pada batasan, dia kristen apa tidak. Terima kasih utk pengertiannya.

    17 November 2015 diubah oleh TATA304

  • FTN749

    17 November 2015

    herna dankalian saudari ku aku cuma anggap kalian kakak,adik ku statment awal dari yg punya lapak da ga mau aku tp karna kuanggap nya kalian  kakak ku gw tadi nyimak aja tp ga mungkin gw biarin itu kan pemikiran kalian salah mungkin kalian blom nikah cuma katanya katanya paham liberal,paham nasonalisme,cobalah baca baik baik renungin tanya orang tua kalian.

    bro athur lu laki laki ini adek  kakak kita beri arahan bkn paham liberal ,nasionalisme yang nama nya suku paham nya cuma adat istiadat,kalau pegang paham itu sama aja lu ajak suku batak untuk hancur punah.  orang batak keras jgn luntur lembek gw orang toba asli batak 100%

    gw ga merasa untung dan rugi semua buat kalian sister bro dan gw minta maaf kalau ada perkataan tidak baik dan gw berusaha berikan yang terbaik buat bro sister gw cari persaudaraan dan gw bkn orang yang sok segalanya danberpura pura mencari perhatian jadi salam maaf saya ftn479

    HERNA870 tulis:

    Admin kayanya lagi bobo, hehe

  • FTN749

    17 November 2015

    dah gak usah lapor gw kan da minta maaf biar yang lain lanjut topik nya mana yang punya lapak?

    HERNA870 tulis:

    Admin kayanya lagi bobo, hehe

  • HERNA870

    17 November 2015

    Mbak tata, statement mbak sudah mewakili semua opini saya. Bener bgt mbak.

    Ito nandez: dari awal saya menghargai semua pendapat. Kalo ito FTN punya pendapat seperti yg beliau sampaikan. Sah2 aja buat saya. Originalitas batak harus kita jaga. Tp tidak harus paksakan ke semua org ketika akhirnya kita cocok dg pasangan beda suku. Ga ada yg mau dimaafin, hehe.

    Ito FTN: dimaafin.

    Selamat pagi dan selamat bekerja temen2 semuanya. Tuhan memberkati kita. Amin

  • YURIE328

    17 November 2015

    Pada dasarnya sih orangtua pasti mau anak borunya sama yang sama2 batak,

    tp itu bisa dibicarakan dengan baik-baik antara ortu sama anak kalo kenyataannya ga begitu..

    Aku pribadi dulu ga gitu exited bgt kelak punya pasangan orang batak, pengennya orang bule, wkwkwk...

    Tp makin bertambah usia dan inget Poda dari natuatua, jadi sadar kenapa Almarhum Papa mau begitu.. Kalo mama sih ga mempermasalahkan suku, asal seiman dan penuh tanggungjawab..

    Serahin semua ke Tuhan Yesus saja.. Dia tahu apa yang aku butuhkan :D

  • MERMAN459

    17 November 2015

    ;-):up:...keren

    YURIE328 tulis:

    Pada dasarnya sih orangtua pasti mau anak borunya sama yang sama2 batak,

    tp itu bisa dibicarakan dengan baik-baik antara ortu sama anak kalo kenyataannya ga begitu..

    Aku pribadi dulu ga gitu exited bgt kelak punya pasangan orang batak, pengennya orang bule, wkwkwk...

    Tp makin bertambah usia dan inget Poda dari natuatua, jadi sadar kenapa Almarhum Papa mau begitu.. Kalo mama sih ga mempermasalahkan suku, asal seiman dan penuh tanggungjawab..

    Serahin semua ke Tuhan Yesus saja.. Dia tahu apa yang aku butuhkan :D

  • JEP574

    17 November 2015

    Lae FTN749

    Keturunan Jenderal Balige, siapa yg dimaksud lae? Bisa lae perjelas Tarombo itu?

    Btw, koment2 lae mantap :up:

    FTN749 tulis:

    keturunan jendral balige lae dia ga tau opung gw panglima besar teempur lawan penjajah jepang belanda merebut lautan api ajibata  asli toba kagak luntur

    maaf ya kalau ada salah kata aku minta maaf mauliate ma

  • FTN749

    17 November 2015

    adong anggota jk yang ngaku keturunan jendral balige,  tarombo apa nih lae?

    JEP574 tulis:

    Lae FTN749

    Keturunan Jenderal Balige, siapa yg dimaksud lae? Bisa lae perjelas Tarombo itu?

    Btw, koment2 lae mantap :up:

  • GLORY274

    17 November 2015

    horas ito :-)

    JEP574 tulis:

    Lae FTN749

    Keturunan Jenderal Balige, siapa yg dimaksud lae? Bisa lae perjelas Tarombo itu?

    Btw, koment2 lae mantap :up:

  • HANA914

    17 November 2015

    YURIE328 tulis:

    Aku pribadi dulu ga gitu exited bgt kelak punya pasangan orang batak, pengennya orang bule,

    Wkwkwk ... jadi inget my batak's best friend ... 3 cewe kakak beradik .. yg 1 nikah ama jawa yg 2 ngebeettt sama bule .. wkwkwk

  • YURIE328

    17 November 2015

    HANA914 tulis:

    Wkwkwk ... jadi inget my batak's best friend ... 3 cewe kakak beradik .. yg 1 nikah ama jawa yg 2 ngebeettt sama bule .. wkwkwk

    Waktu itu deket sama Bule 2thnan, tp harus kepisah krn aku pny pacar org batak yg posesif, pas putus nyeselnya bertubi2 krn lost contact sama temenku itu, hahaa.. Kalo batak sama batak banyak ci.. Kalo bule sama batak bagus tuh generasinya.. hehehe

  • FTN749

    18 November 2015

    Generasi bagus tapi kalo di tinggal kabur sih lbh bagus lagi mau nuntut siapa paling orang bil ang makan tuh bule kwkwkwkwkwkw

    YURIE328 tulis:

    Waktu itu deket sama Bule 2thnan, tp harus kepisah krn aku pny pacar org batak yg posesif, pas putus nyeselnya bertubi2 krn lost contact sama temenku itu, hahaa.. Kalo batak sama batak banyak ci.. Kalo bule sama batak bagus tuh generasinya.. hehehe

  • YURIE328

    18 November 2015

    FTN749 tulis:

    Generasi bagus tapi kalo di tinggal kabur sih lbh bagus lagi mau nuntut siapa paling orang bil ang makan tuh bule kwkwkwkwkwkw

    Pak Tua.. kan kalo cari jodoh itu harus dikenalin baik2.. bukan berarti semua bule kalo ada yg ngajak serius diiyakan.. kalo ternyata yg lebih bagus bule sumatera, pasti bataklah yg dipilih pak Tua.. hahaha

  • JUNI655

    18 November 2015

    Tidak mas andra, yang penting pria tersebut mengasihi Kristus

    ANDRA759 tulis:

    Want to ask nih teman2, apakah wanita dari suku batak itu jodohnya wajib pria batak juga?

    Sedikit cerita dari teman2 saya yang org batak, dan saya menyimpulkan bahwa wanita batak biasanya mencari pasangan sesama org batak dengan alasan supaya boru/marganya atau garis keturunanya tidak hilang sedangkan kalau pria bebas mencari pasangan yang bukan berasal dari suku batak karena marganya tidak akan hilang.

    Selain itu seringkali saya mendengar kata2 sinamot dari teman2 batak saya, dimana wanita batak itu dibeli dan ada semacam harga belinya, dimana harga beli tergantung dari pendidikan wanita tersebut, semakin tinggi pendidikan wanita tersebut semakin mahal juga harga belinya.

    Saya sendiri kurang paham tentang hal itu tetapi hal itulah yg sering mengganggu pikiran saya ketika saya ingin menjalin hubungan dengan wanita batak.

    Saya hanya pria jawa dan sangat menyukai wanita batak, maaf kata kalau kesimpulan dari pemikiran saya itu salah. Terima kasih.

  • KHRISNA943

    18 November 2015

    Saya 2x prnah pacaran small cwe batak. Yahh gitu deh, ujungnya kebentur adat mereka juga. Sinamot lahh, pemberian Margaret lah. Tpi saya juga jadi lebih menghargai budaya dan adat suku saya

  • MEY166

    18 November 2015

    ANDRA759 tulis:

    Want to ask nih teman2, apakah wanita dari suku batak itu jodohnya wajib pria batak juga?

    Hai bro Andra..

    Tergantung usia saya rasa bro.

    Usia penasaran (20th-an), pengennya jodoh bule, cakep, klo pun Batak harus yg keren.

    Usia Panik (28-35th-an) Batak kalo bisa, klo ga dpt Batak suku lain juga ga apa2, yang penting takut Tuhan

    Usia Pasrah (36th - ... ) Tak ada Batak. Batok [baca, apa aja yg penting lelaki] pun jadi.

    Hahahah... *Just kidding bro.

    Sedikit cerita dari teman2 saya yang org batak, dan saya menyimpulkan bahwa wanita batak biasanya mencari pasangan sesama org batak dengan alasan supaya boru/marganya atau garis keturunanya tidak hilang sedangkan kalau pria bebas mencari pasangan yang bukan berasal dari suku batak karena marganya tidak akan hilang.

    Saya setuju sama pendapat teman2 bahwa tidak harus menikah dengan batak, yang paling penting, penuh Kasih dan taat kepada Tuhan.
    Dan setuju juga sama ito FTN749, klo sebenarnya jauh di hati yang paling dalam rata-rata orangtua menginginkan anaknya menikah dengan sesama Batak dan menikah secara adat Batak juga. Tapi sudah banyak orangtua batak yg hebat, mau mengalahkan egonya dan menerima keputusan anaknya yg mau menikah suku lain. *applause buat orangtua Batak

    Selain itu seringkali saya mendengar kata2 sinamot dari teman2 batak saya, dimana wanita batak itu dibeli dan ada semacam harga belinya, dimana harga beli tergantung dari pendidikan wanita tersebut, semakin tinggi pendidikan wanita tersebut semakin mahal juga harga belinya.

    Saya sendiri kurang paham tentang hal itu tetapi hal itulah yg sering mengganggu pikiran saya ketika saya ingin menjalin hubungan dengan wanita batak.

    Saya hanya pria jawa dan sangat menyukai wanita batak, maaf kata kalau kesimpulan dari pemikiran saya itu salah. Terima kasih.

    Klo soal sinamot setau saya bisa kok di rundingkan bersama keluarga. Jadi tergantung kesepakatan.

    Semangat Bro... Kumpulin sinamot dlu.  Wanita Batak memang istimewa. Wanita suku lainnya Luar biasa. ;-)

  • YUNITA814

    18 November 2015

    @ Kak Mey166_EEEmmm...ternyata ada istilah Sinamot ya kak ....Ayoo para cowo yang pasangannya org Batak ..siapkan Sinamot sesuai kesepakatan :-)

    forum ini khusus org batak yg tanggapi karena yg lbh tau ...xxii...saya izin untuk belajar y adatnya setiap daerah indonesia..;-)

    18 November 2015 diubah oleh YUNITA814

  • JUNIOR290

    18 November 2015

    Tumben komennya bener,,,

    Lu sendiri masuk di fase mana kak?batok ya?

    Wkwkwkwwk

    MEY166 tulis:

    Hai bro Andra..

    Tergantung usia saya rasa bro.

    Usia penasaran (20th-an), pengennya jodoh bule, cakep, klo pun Batak harus yg keren.

    Usia Panik (28-35th-an) Batak kalo bisa, klo ga dpt Batak suku lain juga ga apa2, yang penting takut Tuhan

    Usia Pasrah (36th - ... ) Tak ada Batak. Batok [baca, apa aja yg penting lelaki] pun jadi.

    Hahahah... *Just kidding bro.

    Saya setuju sama pendapat teman2 bahwa tidak harus menikah dengan batak, yang paling penting, penuh Kasih dan taat kepada Tuhan.

    Dan setuju juga sama ito FTN749, klo sebenarnya jauh di hati yang paling dalam rata-rata orangtua menginginkan anaknya menikah dengan sesama Batak dan menikah secara adat Batak juga. Tapi sudah banyak orangtua batak yg hebat, mau mengalahkan egonya dan menerima keputusan anaknya yg mau menikah suku lain. *applause buat orangtua Batak

    Klo soal sinamot setau saya bisa kok di rundingkan bersama keluarga. Jadi tergantung kesepakatan.

    Semangat Bro... Kumpulin sinamot dlu.  Wanita Batak memang istimewa. Wanita suku lainnya Luar biasa. ;-)

  • YUNITA814

    18 November 2015

    Ampuuunnn dehhhh sungguh terlalu Kak Meyyyyyyyyyyy...........:-D%-/  

    kak Mey tu masuk di usia Panik koko...8-)peace kak Mey....

    JUNIOR290 tulis:

    Tumben komennya bener,,,

    Lu sendiri masuk di fase mana kak?batok ya?

    Wkwkwkwwk

  • YURIE328

    18 November 2015

    MEY166 tulis:

    Usia penasaran (20th-an), pengennya jodoh bule, cakep, klo pun Batak harus yg keren.

    Betullll sekali itu kaakkkk  *logat anak Medan *toak

    Usia Pasrah (36th - ... ) Tak ada Batak. Batok [baca, apa aja yg penting lelaki] pun jadi.

    Bah.. Ngeri kalee.. Batok kelapa apa batok macam mana kakkkk?? *makin teriak lagii

  • MEY166

    18 November 2015

    JUNIOR290 tulis:

    Tumben komennya bener,,,

    Lu sendiri masuk di fase mana kak?batok ya?

    Wkwkwkwwk

    eyke masuk kategori Batik dong...

    Batak Cantik..

    *wink wink

    Hahahha

    Haduhhh jd nge spam lagi kan..

    Maaf ya TS

51 – 75 dari 128    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  4 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan