Mari kita belajar Bahasa Inggris.
-
6 Maret 2016
Eheemmm jadi begini, anak* kecil sebenarnya tidak mudah loh belajar bahasa inggris. Karena yang namanya belajar 2 bahasa itu artinya mengubah kode* di otak. Ada anak yg confuse bahasa. Bahasa Indonesia blom kuat di rumah orang rumah pada ngomong bahasa mandarin ato inggris. Seseorang perlu kuat di 1 bahasa dulu baru kode* bahasa lain di otak bisa diubah dan dia mengerti. Klo tidak dia akan takut untuk mengucapkannya. Takut salah dan bingung. Anak* di Bali banyak yg bisa bahasa inggris. Percakapan juga bisa karena lingkungan memungkinkan hal itu. Mereka jadi terbiasa. Tapi klo di suruh menulis belum tentu bisa. Misal kata one. Mereka tau one itu 1. Tapi klo di suruh tulis kemungkinan besar mereka tulis wan. Kecuali anak* Bali yg di sekolah di ajar bhs inggris ya. Anak* bisa karna terbiasa karena di kondisikan. Di kelas guru memakai kata* dan kalimat yg akan di ulang* sebagai pattern. Listen carefully, everything I say you do it after me. Di ulang* menjadi rutinitas. Setiap tindakan di beri label. Berdiri stand up. Hands up. Line up. Itu di lakukan sebagai pembiasaan. Anak* yg bahasa ibunya bukan bahasa inggris perlu waktu yang lama untuk bisa mengerti sekalipun itu simple instructions. Kita kenal 9 kecerdasan majemuk yg di miliki anak. Salah 1nya kecerdasan bahasa. Anak* yg memiliki kecerdasan bahasa akan lebih cepat bisa. Berbeda dengan anak* yg kecerdasannya di bidang lain, entah itu musik, kinestetik ato lainnya mereka lebih lambat dan perlu usaha lebih. Anak* di kelasku mereka masih TK sudah hafal doa bapa kami dalam bahasa inggris kenapa karna di biasakan setiap hari. Dan itu ada tahap*nya ga langsung bisa lancar. Kata perkata, kalimat perkalimat. Saya dulu dan mereka ulang. Sampai akhirnya bisa sendiri. Kuncinya di pembiasaan. Klo di rumah bahasa ibunya/utamanya bahasa inggris ya dia terbiasa ngobrol sama ortunya. Klo sekalah saya bukan nasional plus. Hanya nasional tapi tiap hari ada jam bahasa inggris itu lebih sulit karna mereka dari nol. Keuntungannya adalah otak anak seperti spons yg menyerap apa yg mereka dengar lihat dan rasa. Klo telaten pasti ada progres. Dan jangan samakan tingkat kemajuan tiap anak. Karna daya serap mereka berbeda. Hargai sekecil apapun perubahan yg ada. Pujian akan membuat mereka merasa di sayang dan buat mereka tidak cemas dan jadi percaya diri. Bahasa inggris mudah untuk orang* yg miliki kecerdasan bahasa. Sulit bagi yg kecerdasan dominannya bukan di situ. Bisa juga karna lingkungan di sekitarnya yg mengharuskan bicara dgn bahasa itu dan mau ga mau harus bisa. Tinggalah di Amerika 1 tahun ntar dari ga bisa jadi canggih kayak mereka ngomongnya. Lancar.
-
6 Maret 2016
Jangankan bahasa inggris. Nilai pelajaran bahasa jawa saya aja jeblok melulu padahal saya orang jawa. Orang di rumah, di lingkungan semua ngomong jawa. Tapi klo ulangan di kelas dan ngomong bahasa jawa halus saya jelek banget nilainya. Saya ga cerdas dalam bahasa sebenarnya
Bahasa itu sulit buat saya. Klo bisa ya karena belajar. Itupun masih belepotan di sana sini heheheee...saya kesulitan dalamm mengolah kode* bahasa di otak saya. Perlu banyak pelajari kosakata agar di otak terekam. Jadi jejak* memori di otak akan lebih mudah mengubah/menterjemahkan bahasa itu.
-
6 Maret 2016
Yang ini setuju, betul. bicara bisa, nulis hal lain lg
ETI697 tulis:
"Percakapan juga bisa karena lingkungan memungkinkan hal itu. Mereka jadi terbiasa. Tapi klo di suruh menulis belum tentu bisa.."
Kl yg ini, (it depends.. saya banyak melihat realitas yg bertentangan)
ETI697 tulis:
Tinggalah di Amerika 1 tahun ntar dari ga bisa jadi canggih kayak mereka ngomongnya. Lancar.
ETI697 tulis:
Eheemmm jadi begini, anak* kecil sebenarnya tidak mudah loh belajar bahasa inggris. Karena yang namanya belajar 2 bahasa itu artinya mengubah kode* di otak. Ada anak yg confuse bahasa. Bahasa Indonesia blom kuat di rumah orang rumah pada ngomong bahasa mandarin ato inggris. Seseorang perlu kuat di 1 bahasa dulu baru kode* bahasa lain di otak bisa diubah dan dia mengerti. Klo tidak dia akan takut untuk mengucapkannya. Takut salah dan bingung. Anak* di Bali banyak yg bisa bahasa inggris. Percakapan juga bisa karena lingkungan memungkinkan hal itu. Mereka jadi terbiasa. Tapi klo di suruh menulis belum tentu bisa. Misal kata one. Mereka tau one itu 1. Tapi klo di suruh tulis kemungkinan besar mereka tulis wan. Kecuali anak* Bali yg di sekolah di ajar bhs inggris ya. Anak* bisa karna terbiasa karena di kondisikan. Di kelas guru memakai kata* dan kalimat yg akan di ulang* sebagai pattern. Listen carefully, everything I say you do it after me. Di ulang* menjadi rutinitas. Setiap tindakan di beri label. Berdiri stand up. Hands up. Line up. Itu di lakukan sebagai pembiasaan. Anak* yg bahasa ibunya bukan bahasa inggris perlu waktu yang lama untuk bisa mengerti sekalipun itu simple instructions. Kita kenal 9 kecerdasan majemuk yg di miliki anak. Salah 1nya kecerdasan bahasa. Anak* yg memiliki kecerdasan bahasa akan lebih cepat bisa. Berbeda dengan anak* yg kecerdasannya di bidang lain, entah itu musik, kinestetik ato lainnya mereka lebih lambat dan perlu usaha lebih. Anak* di kelasku mereka masih TK sudah hafal doa bapa kami dalam bahasa inggris kenapa karna di biasakan setiap hari. Dan itu ada tahap*nya ga langsung bisa lancar. Kata perkata, kalimat perkalimat. Saya dulu dan mereka ulang. Sampai akhirnya bisa sendiri. Kuncinya di pembiasaan. Klo di rumah bahasa ibunya/utamanya bahasa inggris ya dia terbiasa ngobrol sama ortunya. Klo sekalah saya bukan nasional plus. Hanya nasional tapi tiap hari ada jam bahasa inggris itu lebih sulit karna mereka dari nol. Keuntungannya adalah otak anak seperti spons yg menyerap apa yg mereka dengar lihat dan rasa. Klo telaten pasti ada progres. Dan jangan samakan tingkat kemajuan tiap anak. Karna daya serap mereka berbeda. Hargai sekecil apapun perubahan yg ada. Pujian akan membuat mereka merasa di sayang dan buat mereka tidak cemas dan jadi percaya diri. Bahasa inggris mudah untuk orang* yg miliki kecerdasan bahasa. Sulit bagi yg kecerdasan dominannya bukan di situ. Bisa juga karna lingkungan di sekitarnya yg mengharuskan bicara dgn bahasa itu dan mau ga mau harus bisa. Tinggalah di Amerika 1 tahun ntar dari ga bisa jadi canggih kayak mereka ngomongnya. Lancar.
-
6 Maret 2016
Oh begitu ya. Baiklah...maklum saya blom pernah ke Amerika hehehe...mohon petunjuk dan pencerahan dari suhu Christiano biar wawasan saya lebih luas. Gbu. Happy sundaaay...
-
6 Maret 2016
My name is nana
-
6 Maret 2016
I am a nurse. Itu doang bisanya
-
6 Maret 2016
Siapa mau jadi guru privatku. Di bayar dengan senyuman ho3x
-
6 Maret 2016
Wkwkwkkk..mbakyu...mbakyu...yg ada cowok* itu pinginnya nglamar kamu. Jatuh cintrong liat wajah ayu mu itu. Pasti pada ngantrilah modus jadi guru privat. Murid ayu bawa ke penghulu heheheeee....
-
6 Maret 2016
If they are playing with me and not loving me I wiil give them injection ho3x...
-
6 Maret 2016
Huahahahaaaa...
-
6 Maret 2016
iya sya bicara dari fakta.. bs ks bnyak contoh.. my direct obsevation. You will not believe it.
ETI697 tulis:
Oh begitu ya. Baiklah...maklum saya blom pernah ke Amerika hehehe...mohon petunjuk dan pencerahan dari suhu Christiano biar wawasan saya lebih luas. Gbu. Happy sundaaay...
-
6 Maret 2016
hahahaaa... ga jadi kirim CV.. hahaaa
NANA215 tulis:
If they are playing with me and not loving me I wiil give them injection ho3x...
-
6 Maret 2016
Ayolah kirim aja kan aku pingin cas cis cus inggeris gitu ho3x
-
6 Maret 2016
Seperti : as like or is like?
MIKOYU815 tulis:
is like : seperti
like : suka
dilihat verb kt kerjanya ....
pasti banyak yang bisa kasih contoh.kalimat sederhana ..coba kamu anggota !..( Fajar ) or another....plz example : do you like is orange juice ? apakah kamu suka jus jeruk ?
Fajar is like orange juice... Fajar seperti jus jeruk ? ..ehm ..
-
6 Maret 2016
jadi takut sama injeksi mu itu loh.. ya udah ta' kirim, jgn nyasar di hatiya..
NANA215 tulis:
Ayolah kirim aja kan aku pingin cas cis cus inggeris gitu ho3x
6 Maret 2016 diubah oleh CRISTIANO501
-
6 Maret 2016
Sama2 bis kota jgn saling mendahului ya.. eeh salah, mksd ku sama2 ayu gt loh
ETI697 tulis:
Wkwkwkkk..mbakyu...mbakyu...yg ada cowok* itu pinginnya nglamar kamu. Jatuh cintrong liat wajah ayu mu itu. Pasti pada ngantrilah modus jadi guru privat. Murid ayu bawa ke penghulu heheheeee....
-
6 Maret 2016
Hahahaaaa....
-
6 Maret 2016
Teringat waktu SMP dulu. Guruku bertanya pada temanku : Do you like monkey or Are you like monkey?, Temanku menjawab I am like monkey. Teman2 sekelas tertawa terbahak-bahak.
-
6 Maret 2016
hahaha
-
6 Maret 2016
Bahasa inggris sebenernya gampang2 susah.
Ada beberapa point yang aku bisa share:
1. TENSES (perubahan kata kerja)
Ada 16 tenses atau penggunaan pola kalimat khususnya kata kerja/ verb berdasarkan waktu.
Bagi yang ingin belajar, bisa klik link ini:
javasun3.wordpress.com/2010/03 ... bahasa-inggris/
2. VOCABULARY (kosakata)
Bisa dipelajari dengan mempelajari lirik terjemahan lagu atau film, google ataupun kamus.
3. PRONUNCIATION (lafal/pengucapan kata)
Bisa dipelajari dengan mendengarkan lagu atau film atau google ^^.
4. ATTITUDE (sikap), INTEREST (ketertarikan)
Sebenarnya ini berlaku untuk belajar apapun, harus ada sikap dalam mengucapkan sesuatu.
Terutama saat berbicara/conversation, tekanan nada menggambarkan emosi.
Juga berbicara tentang keberanian mencoba dan bertanya.
Interest sudah pasti dibutuhkan, agat belajar lebih mudah dan "masuk di otak". Hehe..
5. PRACTICE (latihan)
Practice makes perfect.
Memang tidak ada kesempurnaan di dunia, tapi..
Banyak belajar, banyak tahu, tapi kalau tidak dipraktekkan? Rasanya sia2 dan menghabiskan waktu.
Jadi latihan bisa dengan teman2 yang cukup mengerti bahasa Inggris, menonton film baru tanpa teks atau mendengarkan lagu dan mencoba mengartikannya. Slaah atau benar, tepat atau tidak bisa ditanyakan di google atau teman.
Ohya,
Banyak juga kalimat bahasa Inggris yang disingkat dan sering digunakan.. untuk lebih lengkap, bisa dicaritahu di google juga kok.
Tapi aku yakin , singkatan yang satu ini pasti kalian tahu.
GBU.
-
6 Maret 2016
Setuju, Riana473.
Film baru tanpa teks terlalu cepat mengartikan sendiri jika bahasa blm lancar.
Pengucapan b.Inggris berbeda2, ada yg sesuai kamus b.Inggris, ada yg tidak ada.
RIANA473 tulis:
.....
3. PRONUNCIATION (lafal/pengucapan kata)
Bisa dipelajari dengan mendengarkan lagu atau film atau google ^^.
Jadi latihan bisa dengan teman2 yang cukup mengerti bahasa Inggris, menonton film baru tanpa teks .....
-
6 Maret 2016
CHRISTIN016 tulis:
Setuju, Riana473.
Film baru tanpa teks terlalu cepat mengartikan sendiri jika bahasa blm lancar.
Pengucapan b.Inggris berbeda2, ada yg sesuai kamus b.Inggris, ada yg tidak ada.
Thanks
-
6 Maret 2016
Ehm..menurut pengalaman saya yg punya rekan kerja yg sdh lama tinggal di Oz. Vocabulary nya masih hancur.
Jadi tidak menjamin walau tinggal setahun atau bbrp tahun di negara yg mother tongue nya using English. Kecuali kalau dari orok, dia nya sdh berada di negara yg menggunakan bahasa Inggris.
O ya salah satu vocab nya yg saya bilang hancur, he even could not distinguish between remind and remain. Dia mau bilang ingatin which is remind, tp dia nulisnya remain. Kan fatal error tuh.
6 Maret 2016 diubah oleh SAURIA580
-
6 Maret 2016
SAURIA580 tulis:
Ehm..menurut pengalaman saya yg punya rekan kerja yg sdh lama tinggal di Oz. Vocabulary nya masih hancur.
Jadi tidak menjamin walau tinggal setahun atau bbrp tahun di negara yg mother tongue nya using English. Kecuali kalau dari orok, dia nya sdh berada di negara yg menggunakan bahasa Inggris.
O ya salah satu vocab nya yg saya bilang hancur, he even could not distinguish between remind and remain. Dia mau bilang ingatin which is remind, tp dia nulisnya remain. Kan fatal error tuh.
Pantesan di inggris gelandangannya pinter bahasa inggris, beda sama gelandangan di indonesia.
-
6 Maret 2016
Intinya sih jangan hanya bs ngomong saja namun bs nulis. Dan itu harus dilatih terus menerus.
Sama jg kayak saya ngomong pakai bahasa batak (OOT) tp bgitu nulis beda dgn yg diomongin
LISTON872 tulis:
Pantesan di inggris gelandangannya pinter bahasa inggris, beda sama gelandangan di indonesia.