Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Siapakah Iblis?

ForumAlkitab

101 – 113 dari 113    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5Kirim tanggapan

  • 16 Juli 2017

    Ruth bisa saja orang Moab, Salomo saja memperistri perempuan asing. Bahkan ibu Rehabeam, Naama adalah seorang perempuan Amon (yang tertulis di Ulangan tidak boleh masuk jamaah Allah). Rehabeam adalah raja setelah Salomo.

    Jikapun bukan orang Moab, bisa saja orang Mesir, dll yang tidak dilarang masuk jamaah Allah. Tidak selalu harus keturunan Israel.

    16 Juli 2017 diubah oleh SETIA172

  • DONY531

    16 Juli 2017

    SETIA172 tulis:

    Malaikat biarpun roh, bisa mengambil rupa manusia dan secara fungsi fisiknya utuh. Sepertinya yang mengambil perempuan manusia dan berketurunan raksasa itu merupakan malaikat. Malaikat yang udah diusir dari surga.

    malaikat yg udh diusir dr sorga itu kan iblis. berarti jangan-jangan bener ya nyi roro kidul itu berwujud wanita n kawin beneran scr fisik sm sultan jogja? :-D

    ato ada jg tuh dulu cerita2 rakyat, katanya ada yg dikawinin genderuwo.. aneh2 ae ya endonesa..

  • ROBBY238

    16 Juli 2017

    Suster ngesot

  • 16 Juli 2017

    Keyakinan aja bro, air bah nya Nuh juga dulu mungkin salah satu maksudnya juga buat ngabisin manusia yang rusak secara genetik karena kawin silang terkait. Bisa juga mungkin, tapi kalo roro kidul nya hamil ga bisa dia nyelam di laut, kan wujud manusia, butuh oksigen. :-D

    Cerita rakyat 50 50, bisa bener bisa ga kali ya. Bisa juga sebagian bener sebagian salah. Tapi ini neh ajaibnya, di alkitab udah diceritain duluan di kejadian, terus kejadian yang mirip2 tersebar ke penjuru dunia. Ya kaya Air bah alias banjir besar, legendanya ada dimana2.

    DONY531 tulis:

    malaikat yg udh diusir dr sorga itu kan iblis. berarti jangan-jangan bener ya nyi roro kidul itu berwujud wanita n kawin beneran scr fisik sm sultan jogja? :-D

    ato ada jg tuh dulu cerita2 rakyat, katanya ada yg dikawinin genderuwo.. aneh2 ae ya endonesa..

  • DONY531

    16 Juli 2017

    SETIA172 tulis:

    Keyakinan aja bro, air bah nya Nuh juga dulu mungkin salah satu maksudnya juga buat ngabisin manusia yang rusak secara genetik karena kawin silang terkait. Bisa juga mungkin, tapi kalo roro kidul nya hamil ga bisa dia nyelam di laut, kan wujud manusia, butuh oksigen. :-D

    Cerita rakyat 50 50, bisa bener bisa ga kali ya. Bisa juga sebagian bener sebagian salah. Tapi ini neh ajaibnya, di alkitab udah diceritain duluan di kejadian, terus kejadian yang mirip2 tersebar ke penjuru dunia. Ya kaya Air bah alias banjir besar, legendanya ada dimana2.

    hmm, klo gitu, mungkin ada kota bawah air Atlantis disana (makin ngawur) dan jangan2 Aquaman itu blasteran hantu laut & manusia... wkwkwk

    ya klo alkitab, ga perlu kita raguin lg lah kebenarannya.. #thumbs

  • 16 Juli 2017

    ini bro referensinya yang legenda banjir besar dari seluruh dunia, en.wikipedia.org/wiki/List_of_flood_myths.

    dulu liat di tv dijelasin semuanya, ceritanya mirip2 alkitab.

  • ALEXANDER311

    16 Juli 2017

    Mas setia kita sedang membahas genesis 6 jadi mohon jangan lari dari bahasan yg dibahas. Lain bahasan lain juga penekanan maknanya. Sekali lagi the sons of God di genesis 6: 2 dan 4 adalah kelompok manusia keturunan adam yang kehidupannya mengikuti & melayani Tuhan Allah. Jadi sons of God bukan mengartikan malaikat apalagi iblis.

    Iya memang benar malaikat di genesis 19 dapat makan dan minum. Tapi hal ini akan beda pemahaman dengan anggapan mas tentang “Malaikat biarpun roh, bisa mengambil rupa manusia dan secara fungsi fisiknya utuh. Sepertinya yang mengambil perempuan manusia dan berketurunan raksasa itu merupakan malaikat. Malaikat yang udah diusir dari surga”. Di genesis 19 itu tidak menyebutkan bahwa malaikat mengambil rupa dan menjadi manusia seutuhnya. Lagi pula bagaimana cara malaikat bisa menjadi manusia? Punya tubuh (flesh) dan roh (spirit)? Malaikat hanya mengambil rupa manusia saja tapi tidak menjadi manusia seutuhnya. Coba baca ayat berikut ini dan temukan pemahaman di dalamnya:
    __________________________________________________
    KJV 1 Corinthians 15:34-44
    34. Awake to righteousness, and sin not; for some have not the knowledge of God: I speak this to your shame.
    35. But some man will say, How are the dead raised up? and with what body do they come?
    36. Thou fool, that which thou sowest is not quickened, except it die:
    37. and that which thou sowest, thou sowest not that body that shall be, but bare grain, it may chance of wheat, or of some other grain:
    38. but God giveth it a body as it hath pleased him, and to every seed his own body.
    39. All flesh is not the same flesh: but there is one kind of flesh of men, another flesh of beasts, another of fishes, and another of birds.
    40. There are also celestial bodies, and bodies terrestrial: but the glory of the celestial is one, and the glory of the terrestrial is another.
    41. There is one glory of the sun, and another glory of the moon, and another glory of the stars; for one star differeth from another star in glory.
    42. So also is the resurrection of the dead. It is sown in corruption, it is raised in incorruption:
    43. it is sown in dishonor, it is raised in glory: it is sown in weakness, it is raised in power:
    44. it is sown a natural body, it is raised a spiritual body. There is a natural body, and there is a spiritual body.
    _____________________________________________________

    KJV Genesis 19:1; And there came two angels to Sodom at even; and Lot sat in the gate of Sodom: and Lot seeing them rose up to meet them; and he bowed himself with his face toward the ground;
    Jadi mari kita pastikan kata angels, buka blueletterbible.org, pilih kjv genesis 19, jgn lupa diceklist tanda "strong". silahkan lihat disana kata angels (ayat 1) = H4397, mal’ak (hebrew word - masculine noun) = messenger, representative. Lihat pada strong definitions: a messenger; specifically, of God. Jadi kita tahu bahwa malikat disana berperan sebagai messenger of God. Hal ini sesuai dengan yang tertulis di kitab hebrew 1.

    KJV Hebrew 1:7; And of the angels he saith, Who maketh his angels spirits, and his ministers a flame of fire.
    KJV Hebrew 1:14; Are they not all ministering spirits, sent forth to minister for them who shall be heirs of salvation?
    Jadi mari kita pastikan kata angels, buka blueletterbible.org, pilih kjv hebrew 1, jgn lupa diceklist tanda "strong". silahkan lihat disana kata angels (ayat 7) = G32, aggelos (greek word - masculine noun) = a messenger, envoy, one who is sent, an angel, a messenger from God. Jadi pengertian angel di genesis 19:1 dan hebrew 1:14 adalah sama. Dengan begitu kita bisa memahami bahwa malaikat itu ministering spirits yang juga bertugas untuk melayani.orang-orang yang menerima keselamatan.

    Jadi kita tahu bahwa angel yang ada di genesis datang sebagai messenger Tuhan Allah. Apakah ketika malaikat makan itu menjadi sesuatu yang tabu? Coba baca kitab Exodus 7:8-13 yang menjelaskan tentang Aaron’s Rod.
    KJV Exodus 7:12; For they cast down every man his rod, and they became serpents: but Aaron’s rod swallowed up their rods.
    Lihat ayat di atas bahkan tongkat pun bisa memakan tongkat. Jadi tidak aneh jika malaikat juga bisa makan / minum. Namun yang mesti diperhatikan semua hal itu bisa terjadi karena Tuhan Allah ikut campur di dalam-nya, karena ada rencana Tuhan Allah atas peristiwa itu. Sekarang apakah anggapan malaikat itu bersetubuh dengan perempuan manusia juga ada rencana Tuhan Allah di dalamnya? Jelas tidak dan tidak mungkin terjadi.

    KJV deuteronomy 32:4; He is the Rock, his work is perfect: for all his ways are judgment: a God of truth and without iniquity, just and right is he.

    SETIA172 tulis:

    TUHAN & malaikat pernah berkunjung ke Abraham, dihidangkan makanan olahan kambing. Saya baca Alkitab bahasa indonesia, ada kata "..sedang mereka makan..". Keyakinan saya, berdasarkan referensi yg udah lupa sumbernya, Malaikat biarpun roh, bisa mengambil rupa manusia dan secara fungsi fisiknya utuh. Sepertinya yang mengambil perempuan manusia dan berketurunan raksasa itu merupakan malaikat. Malaikat yang udah diusir dari surga.

  • ALEXANDER311

    16 Juli 2017

    Saya senang baca alkitab secara berulang. Selain itu juga ada beberapa referensi yang lain karena pada dasarnya alkitab ditulis dalam bahasa hebrew dan greek. Tapi bagaimanapun mencoba dan membaca referensi sebanyak apapun jika Tuhan Allah tidak berkenan kita untuk tahu juga tidak akan ada hasilnya. Itu penekenannya kenapa saya menulis proverbs 1:1-7 sebagai referensi utama dalam mengerti alkitab. Takut akan Tuhan Allah adalah permulaan dari pengetahuan.

    KJV proverbs 1:1-7; The Proverbs of Solomon the son of David, king of Israel: To know wisdom and instruction; to perceive the words of understanding; to receive the instruction of wisdom, justice, and judgment, and equity; to give subtilty to the simple, to the young man knowledge and discretion. A wise man will hear, and will increase learning; and a man of understanding shall attain unto wise counsels: to understand a proverb, and the interpretation; the words of the wise, and their dark sayings. The fear of the Lord is the beginning of knowledge:

    Untuk Ruth saya sudah sedikit mencoba menjelaskan di forum berikut ini:

    www.jodohkristen.com/topic/2564/23/

    Silahkan dilihat disana. Jika mas setia masih ada hal yang belum dipahami mengenai Ruth setelah membacanya silahkan utarakan disana. nanti kita akan sama-sama belajar. Terima kasih, selamat beristirahat. :-)

    SETIA172 tulis:

    Hahaha, speechless. :-D peace..

    "...sebaiknya tidak menggunakan pendapat sendiri karena tidak ada esensinya..", mana yang bener neh kok ga konsisten. Saya tahu bro alexander lagi semangat2nya mungkin, jadi inget adik saya waktu masih belum jadi pendeta. Semangat trus...

    ALEXANDER311 tulis:

  • 17 Juli 2017

    Ruth seorang bangsa Ruben. ".. bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku.."  jadi bangsa Israel terpecah menjadi 12 bangsa. Lupakan saja, yang bro tulis terlalu revolusioner, saya orang awam susah mencernanya, mungkin kurang serat. :-D

    "...anak-anak Allah melihat, bahwa anak2 perempuan manusia cantik2..", "..anak2 Allah menghampiri anak2 perempuan manusia..." sampai 2 kali ditulis tersirat artinya sih anak2 Allah mungkin jenis yang berbeda dari manusia(?) memangnya anak perempuan manusia bukan keturunan Adam? Setahu saya Taurat tidak pernah menulis Iblis, Setan, jadi masih mungkin juga anak2 Allah yang dimaksud menggambarkan mereka juga.

  • VIRUSKASIH805

    17 Juli 2017

    Banyak sarjana Alkitab berpendapat (menafsirkan) bahwa ada pemisahan antara garis keturunan Set yang saleh dan garis keturunan Kain yang fasik.

    Set adalah anak Adam dan Hawa, dengan demikian adalah adik Kain dan alm. Habel.

    Kejadian 4:25 LAI TB,
    Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."

    Garis keturunan Set yang saleh selanjutnya disebut anak-anak Allah sedangkan garis keturunan Kain yang fasik selanjutnya disebut anak-anak manusia.

    Ada juga pendapat bahwa "anak-anak Allah" dalam ayat tersebut adalah malaikat-malaikat yang sudah jatuh. Tetapi ini tidak berdasar, karena tidak ada pernikahan di antara para malaikat.

    Matius 22:30 LAi-TB,
    Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di surga.

    Keberatan lain adalah berdasarkan arti kontekstual dari "anak-anak Allah" itu sendiri.
    Dari berbagai literatur Kristen, "anak-anak Allah" sering didefiniskan sebagai "yang mempunyai hubungan dekat dengan Allah". Iblis misalnya, sebelum memberontak adalah satu dari malaikat-malaikat Allah, sehingga bisa disebut "anak-anak Allah". Kemudian ketika memberontak dan dibuang dari sorga, apakah masih layak disebut "anak-anak Allah"? Saya rasa tidak.

    STATUS "ANAK-ANAK ALLAH" KEPADA KETURUNAN SET

    1. Arti nama Set adalah kompensasi atau pengganti (dari alm. Habel)

    Kejadian 4:25 LAI TB,
    Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."


    2. Ketika Set lahir, Hawa menyebut nama Allah, yaitu YHVH (YEHOVAH, dibaca Adonay, Hasyem)

    Kejadian 4;1 LAI-TB,
    Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."
    Translit, VEHÂ'ÂDÂM YÂDA' 'ET-KHAVÂH 'ISH'TÔ VATAHAR VATÊLED 'ET-QAYIN VATO'MER QÂNÎTÎ 'ÎSH 'ET-YEHOVÂH (dibaca: 'Adonây)

    3. Penginjil Lukas menyematkan sebutan anak Allah dalam silsilah Adam kepada keturunan Set.

    Lukas 3:36-38 LAI-TB,
    (36) anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh,
    (37) anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan,
    (38) anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

    Dan dari nama Set yang dihubungkan dengan Lukas 3:36-38 itu, bahwa "anak anak Allah" ditujukan kepada keturunan Set, setidak-tidaknya dapat diterima dan memiliki dasar Alkitabiah.

    17 Juli 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • FORLAN366

    17 Juli 2017

    Iblis itu diri sendiri,pemahaman manusiawi bahwa iblis hadir karena kita membeli tawarannya.ketika tawaran iblis dibeli maka otomatis kita jatuh dalam dosa.Dan jangan pernah salahkan iblis..karena iblis itu diri kita sendiri.seperti anda sudah tau kalau itu api tapi duduk2 lompat dalam api berarti anda itu memang sudah tau itu bahaya tapi pura2 tdk mau tau..makanya iblis bisa disimpulkan dengan kecerobohan diri sendiri atas tawaran manis

  • ALEXANDER311

    17 Juli 2017

    Mas setia saya sudah menjelaskan ayat pamungkasnya loh padahal mengenai Sons of god.
    “Jadi kita tahu bahwa malikat disana berperan sebagai messenger of God. Hal ini sesuai dengan yang tertulis di kitab hebrew 1”
    Coba deh mas baca terlebih dulu hebrew 1: 5-14 mengenai The Son Superior to Angels. Pasti belum baca kan? Nih ayatnya:

    KJV Hebrew 1: 5-14
    5. For unto which of the angels said he at any time, Thou art my Son, this day have I begotten thee? And again, I will be to him a Father, and he shall be to me a Son?
    6. And again, when he bringeth in the first-begotten into the world, he saith, And let all the angels of God worship him.
    7. And of the angels he saith, Who maketh his angels spirits, and his ministers a flame of fire.
    8. But unto the Son he saith, Thy throne, O God, is for ever and ever: a sceptre of righteousness is the sceptre of thy kingdom.
    9. Thou hast loved righteousness, and hated iniquity; therefore God, even thy God, hath anointed thee with the oil of gladness above thy fellows.
    10. And, Thou, Lord, in the beginning hast laid the foundation of the earth; and the heavens are the works of thine hands.
    11. They shall perish, but thou remainest: and they all shall wax old as doth a garment;
    12. and as a vesture shalt thou fold them up, and they shall be changed: but thou art the same, and thy years shall not fail.
    13. But to which of the angels said he at any time, Sit on my right hand, until I make thine enemies thy footstool?
    14. Are they not all ministering spirits, sent forth to minister for them who shall be heirs of salvation?

    Coba deh maknai ayat 5 itu. Kalau sudah mas baca tapi mas setia masih mengganggap Sons of God itu me-refer ke angel / malaikat, saya sudah gak tahu harus menjelaskan yang seperti apa lagi. :-D
    ___________________________________________________

    Terima kasih karena sudah ikut membaca. Sekedar info bahwa saya hanya membahas 5 ayat saja dari kitab Ruth, menyesuaikan dengan rules yang ada di sana. Ok mas makasih sudah bertanya, saya akan coba menjelaskan:

    Ruth 1:15-16;
    13. would ye tarry for them till they were grown? would ye stay for them from having husbands? nay, my daughters; for it grieveth me much for your sakes that the hand of the Lord is gone out against
    me.
    14. And they lifted up their voice, and wept again: and Orpah kissed her mother-in-law; but Ruth clave unto her.
    15. And she said, Behold, thy sister-in-law is gone back unto her people, and unto her gods: return thou after thy sister-in-law.
    16. And Ruth said, Entreat me not to leave thee, or to return from following after thee: for whither thou goest, I will go; and where thou lodgest, I will lodge: thy people shall be my people, and thy God my God:
    17. where thou diest, will I die, and there will I be buried: the Lord do so to me, and more also, if aught but death part thee and me.

    Ok di sana tepatnnya di ayat 16 yg menjadi pertanyaan“I will lodge: thy people shall be my people, and thy God my God”saya harap mas setia masih ingat bahwa ruth hidup di era jugdes (hakim-hakim) berkuasa sesuai dengan ayat ini:

    KJV Ruth 1:1; Now it came to pass in the days when the judges ruled, that there was a famine in the land. And a certain man of Beth-lehem-judah went to sojourn in the country of Moab, he, and his wife, and his two sons.

    Sebelum itu mari kita pastikan makna dari kata Lord, God dan people lebih dulu, buka blueletterbible.org, pilih kjv ruth 1, jgn lupa diceklist tanda "strong". silahkan lihat disana:
    kata Lord (ayat 13 dan 17) = H3068, Yĕhovah (hebrew word - proper noun with reference to deity) = Jehovah = "the existing One" - the proper name of the one true God
    kata God (ayat 15 dan 16) = H430, 'elohiym (hebrew word - masculine noun) = rulers, judges
    kata people (ayat 15 dan 16) = H5971, 'am (hebrew word - masculine noun) = nation, people - kinsman, kindred. Lihat pada strong definitions: a people (as a congregated unit); specifically, a tribe (as those of Israel)

    Lihat penggunaan kata Lord dan God yang berbeda di ayat 13,15,16,17; hal itu terjadi karena 2 kata itu punya makna yang berbeda. Sesuai dengan yang sudah kita telusuri bahwa penggunaan kata God bukan merujuk pada Tuhan Allah melainkan judges / rulers. Selain itu kata people sendiri punya makna tribe (suku) of Israel. Jadi kata people di sana berarti suku-nya masing-masing. Dari penjelasan sebelumnya seharusnya kita tahu bahwa Naomi dan keluarganya dari tribe of judah dan Ruth dari tribe of reuben. Lihat juga beberapa ayat pendukung tentang judges berikut ini:

    KJV Deuteronomy 1:13; Take you wise men, and understanding, and known among your tribes, and I will make them rulers over you.
    KJV Deuteronomy 1:16; And I charged your judges at that time, saying, Hear the causes between your brethren, and judge righteously between every man and his brother, and the stranger that is with him.
    KJV Deuteronomy 17:18; Judges and officers shalt thou make thee in all thy gates, which the Lord thy God giveth thee, throughout thy tribes: and they shall judge the people with just judgment.

    Dari ayat di atas diketahui bahwa tiap tribe (suku) mempunyai judges/ rulers sendiri-sendiri. Dengan kata lain bila mengacu pada ayat ruth 1:15-16, tiap tribe mempunyai god-nya masing-masing. Jadi sangat tepat dan jelas bila ruth mengatakan: thy people shall be my people, and thy God my God karena mereka dari tribe yang berbeda dan mempunyai judges / rulers yang berbeda pula.

    SETIA172 tulis:

    Ruth seorang bangsa Ruben. ".. bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku.."  jadi bangsa Israel terpecah menjadi 12 bangsa. Lupakan saja, yang bro tulis terlalu revolusioner, saya orang awam susah mencernanya, mungkin kurang serat. :-D

    "...anak-anak Allah melihat, bahwa anak2 perempuan manusia cantik2..", "..anak2 Allah menghampiri anak2 perempuan manusia..." sampai 2 kali ditulis tersirat artinya sih anak2 Allah mungkin jenis yang berbeda dari manusia(?) memangnya anak perempuan manusia bukan keturunan Adam? Setahu saya Taurat tidak pernah menulis Iblis, Setan, jadi masih mungkin juga anak2 Allah yang dimaksud menggambarkan mereka juga.

  • VIRUSKASIH805

    18 Juli 2017

    FORLAN366 tulis:

    Iblis itu diri sendiri, pemahaman manusiawi bahwa iblis hadir karena kita membeli tawarannya.ketika tawaran iblis dibeli maka otomatis kita jatuh dalam dosa. Dan jangan pernah salahkan iblis..karena iblis itu diri kita sendiri.seperti anda sudah tau kalau itu api tapi duduk2 lompat dalam api berarti anda itu memang sudah tau itu bahaya tapi pura2 tdk mau tau..makanya iblis bisa disimpulkan dengan kecerobohan diri sendiri atas tawaran manis

    Kalo Anda berbicara atas nama filsafat atau psikologis, saya bisa saja sependapat dengan apa yang Anda tuliskan di atas.

    Namun jika ditilik berdasarkan teologi dan kekristenan, tentu komentar tersebut tidak dapat dibenarkan bahkan ekstrimnya bisa dianggap sebagai "penyesatan". Coba simak pertanyaan berikut,

    Siapakah yang mencobai Adam di Taman Eden dan Yesus Kristus di padang gurun?

    Apakah Anda masih tetap menjawab sesuai dengan pengertian yang Anda berikan sebelumnya?

101 – 113 dari 113    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5Kirim tanggapan