Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

RENUNGAN POSITIF

ForumInspirasi

201 – 225 dari 638    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 8  9  10 ... 26  Selanjutnya Topik ditutup

  • LADYRULY248

    20 Mei 2016

    kekuatiran dan penyesalan masa lalu Anda. Berlayarlah, lakukan sesuatu yang berguna bagi hidup Anda dan keluarga Anda, serta apa yang Anda impikan dalam hidup ini.

    Aktifkanlah segala kemampuan dan talenta dalam diri Anda, gunakanlah segala potensi diri dan bantuan orang-orang di sekitar Anda dan ciptakanlah segala yang baik dalam hidup Anda demi kebahagiaan Anda dan sesama.

    Ingat bahwa, yang memisahkan perahu dan pantai impian Anda, adalah angin badai, gelombang dan batu karang. Yang memisahkan Anda dengan kebahagiaan dan keselamatan adalah tantangan, cobaan/godaan yang Anda hadapi dalam hidup ini, masalah-masalah yang selalu menggerogoti pikiran Anda, tawaran-tawaran duniawi yang bisa memisahkan Anda dari Sang Tujuan hidup Anda.

    Sebenarnya, di sinilah kemampuan, martabat/harga diri dan kesejatian hidup Anda diuji oleh Tuhan. Hakekat perahu adalah terus berlayar menembus rintangan mencapai pulau yang dituju. Dan hakekat hidup kita adalah berkarya, dan melakukan kebaikan agar kita bisa menemukan kebahagiaan.

    So, Jangan lupa sertakan Tuhan selalu dalam pelayaran hidup Anda, karena bersama DIA, dan melalui DIA, kita akan mendapat pertolongan, diarahkan pada yang tujuan yag benar, serta dibawa kepada jalan kebahagiaan dan keselamatan. Tuhan mencintai Anda dan DIA mau agar Anda mengembangkan diri Anda secara baik demi kehabagiaan hidup Anda dan sesama. Cintailah dan hargailah hidup Anda.

  • LADYRULY248

    21 Mei 2016

    Sikap Hidup Umat Allah

    Ulangan 22:1-12

    Israel wajib menolong lembu atau keledai dari sesama (Kel 23:4-5), bahkan pakaian atau setiap barang yang hilang dari saudara-nya. Orang yang menemukannya wajib menyelamatkan dan mengembalikannya kepada pemiliknya (1-4). Ada aturan penghargaan terhadap milik sesama. Allah juga menghargai perbedaan jenis kelamin melalui aturan perbedaan jenis pakaian yang mereka kenakan (5). Pakaian harus dilihat dalam konsep sebagai penutup kulit, menutupi sesuatu yang tidak layak diperlihatkan (Kej 3:21), sehingga pelanggaran terhadap hal ini menjadi kejijikan bagi Allah. Israel harus membuat tali yang terpilin pada keempat punca kain penutup tubuh mereka untuk sembahyang (12, band. Bil 13:8; Mat 23:5).

    Dalam hal mengambil burung, Israel boleh mengambil anak-anaknya tetapi melepaskan induknya (6-7; band. larangan memasak lembu atau kambing bersama anaknya Kel 23:19; Im 22:28). Ini merupakan pemeliharaan terhadap makhluk ciptaan Allah. Dalam hal pendirian rumah, setiap orang harus memikirkan keamanan bagi orang lain, menghindari risiko kecelakaan bahkan kehilangan nyawa seseorang (8). Atap rumah yang disebut sotoh di Israel kebanyakan berbentuk datar dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk berjalan di atasnya (Yos 2:6; 2Sam 11:2, dst.). Apabila tidak ada pagar, seseorang yang berada di atasnya dapat terjatuh sehingga terluka bahkan meninggal dunia. Dalam hal penjagaan kemurnian, Israel dilarang menanam dua jenis benih yang berbeda, membajak dengan lembu dan keledai atau memakai pakaian dari dua jenis bahan yang berbeda (9-11).

    Setiap orang percaya bertanggungjawab menolong dan mengembalikan milik sesamanya, berdandan dan bersikap sebagaimana kodratnya, melestarikan makhluk hidup, mengurangi risiko terhadap nyawa manusia, dan menjaga kemurnian termasuk dalam dunia pertanian.

    Menjadi umat Allah bukan sekadar status, tetapi menyangkut seluruh sikap hidup! Hiduplah sebagaimana umat Allah yang sejati!

  • RACHELREY461

    21 Mei 2016

    Selamat pagi saudara2kuuu...

    Amsal 4:24

    "Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu"

    Pergunakanlah mulut kita dengan baik,  Jadilah berkat lewat perkataan kita yg kita ucapkan ^^..

    Hv a blessed weekend ya... Tuhan Yesus memberkati...

  • DORLANBORU079

    21 Mei 2016

    Firman TUHAN mengingatkan kita..

    Agar kita tetap hidup di dalam Kasih dan Cinta dari Tuhan..

    Kita boleh saling menasehati,, saling mengingatkan..

    Saling menegur di dalam kasih

    Saling tolong menolong,,

    Bukan saling mementingkan diri sendiri,,

    Dan bukan Saling menghakimi..

    Salam Sukacita didalam Yesus

  • DORLANBORU079

    21 Mei 2016

    s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/2f/fb/e8/2ffbe814f0f3d132336e8712074efe92.jpg

  • LADYRULY248

    21 Mei 2016

    Renungan pagi

    Sebut saja namanya Dion,seorang anak laki-laki yg berasal dari keluarga kurang mampu.

    Kedua orang tuanya sengaja meninggalkannya dari kecil dan Dion harus hidup dgn neneknya yg baru saja meninggal setahun lalu.

    Di sekolah,Dion menjadi sasaran empuk bahan ejekan teman-temannya.Di lingkungan rumahnya pun tak ada seorang pun yg bisa bersikap ramah padanya.

    Pandangan sinis dan benci terlihat dari mata setiap orang di lingkungan rumahnya.

    Sore itu,ada seorang pengemis datang ke rumahnya dan meminta sedekah.

    Dion pun membuka pintu dan mengajaknya untuk masuk ke dalam. Pengemis itu menjadi heran dgn apa yg Dion lakukan.

    “Mengapa kau membawaku masuk saat orang lain berusaha mengusiru dan memberiku uang agar aku segera menjauhi rumahnya?”

    “Saya bukan mereka.Saya tahu seperti apa rasanya ketika diusir dan tdk diterima oleh orang lain.”

    “Kau sakit hati dgn sikap mereka?”

    “Seharusnya begitu,namun aku takkan membiarkan orang lain menyakitiku.

    Mereka boleh melakukan hal buruk padaku,akan tetapi aku tdk akan membiarkan semuanya itu menjadi akar pahit dlm hatiku.

    Lebih baik aku bersyukur drpd harus balik mengumpat.Bukankah bersyukur itu lebih indah?”

    Terkadang banyak orang yg menyakiti kita.Ada hal-hal yg membuat kita tdk nyaman sehingga kita menjadi tertekan dan tersakiti.

    Sebagai bentuk perlawanan,kita biasanya akan balik mengumpat dan juga melakukan pembalasan.

    Bersyukurlah jika ada orang2 yg menyakitimu,karena sesungguhnya disitulah kesabaran dan pengampunanmu sedang diuji.

    Saat seseorang berhasil untuk mengasihi,maka orang itu sudah siap dgn berkat yg akan Tuhan curahkan.

    Jangan biarkan perkataan orang lain itu menjadi akar pahit dlm hatimu. Tdk perlu melawan dgn hal negatif,namun lakukan perlawanan dgn hal positif.

    So, mari kita belajar mengasihi orang yg telah menyakiti kita walaupun tdk semudah kenyataan

    "Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yg telah menganiaya kamu"

    Selamat sore

  • DORLANBORU079

    21 Mei 2016

    Cinta TUHAN yang sejati adalah menjadikan TUHAN pusat hidup kita dan dengan segenap HATI mencari, mentaati dan hidup kudus dalam kebenaranNYA.

    Karena tanpa hidup dalam kekudusan dan kebenaran TUHAN, semua perkataan yang baik tidak ada artinya hanya seperti gong yang berkumandang tapi tidak berisi apapun.

    Hiduplah dalam kekudusan itulah bukti tanda kita MENCINTAI TUHAN

  • DORLANBORU079

    21 Mei 2016

    1.bp.blogspot.com/-WtdWfjwdRJE/VOYExG6jfNI/AAAAAAAAAwk/HeN0eGEueso/s1600/dimampukan%2Buntuk%2Bmengasihi.jpg

  • FENNY621

    21 Mei 2016

    Thanks cici ladyruly buat sharingannya....sgt memberkatiku :-)

    Salam kenal dr medan hehe...

  • LADYRULY248

    21 Mei 2016

    Salken jg sis fenny

    Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus Haleluyah Amin

  • LADYRULY248

    22 Mei 2016

    Allah Mengetahui

    Mazmur 69:1-19

    Pernahkah kita merasa tertekan dan tenggelam dalam berbagai persoalan? Pemazmur pernah mengalaminya.

    Pemazmur merasa lesu dan lemah dalam segala hal, terutama secara fisik dan kerohaniannya (4). Ia telah mencoba berpuasa dan berkabung atas semua persoalannya, tetapi ia justru menjadi sindiran orang-orang hingga yang berada di pintu gerbang (11-13). Pemazmur memberitahukan alasan celaan dan noda yang dialaminya karena cintanya akan TUHAN dan rumah-Nya (8-10). Hal ini membawanya berada dalam persoalan yang sangat besar dan dalam sehingga merasa bagaikan seseorang yang akan tenggelam bahkan dihanyutkan (1-3). Ada musuh-musuh yang sangat banyak memaksanya mengembalikan hal yang tidak dirampasnya, bahkan hendak membinasakannya (5). Ia memohon kepada Allah agar situasinya tidak membuat orang-orang lain yang berharap kepada TUHAN mendapat malu (7). Ia memohon agar TUHAN menjawab, tidak menyembunyikan wajah terhadapnya, melainkan segera datang menebus dan membebaskan dia (14-19).

    Di tengah-tengah segala kesesakannya, pemazmur meyakini bahwa Allah mengetahui, mengenal bukan hanya situasinya, celaan dan noda yang diterimanya. Ia yakin bahwa Allah mengenal dirinya sendiri dengan segala kebodohan dan kesalahan-kesalahannya (6, 20). Pemazmur yakin bahwa Allah akan akan menjawabnya dengan pertolongan yang setia pada waktu perkenanan-Nya (14).

    Apa yang menjadi penyebab segala persoalan yang kita hadapi? Apabila itu berkenaan dengan iman kita kepada TUHAN, janganlah kuatir. TUHAN mengetahui, mengenal segala situasi dan kelemahan kita. TUHAN akan memakai segala situasi untuk memuliakan Dia sehingga setiap orang yang percaya dan menantikan-Nya tidak akan dipermalukan. Hanya bersabar, TUHAN menjawab dan menyelesaikan persoalan, bukan pada waktu kita melainkan pada waktu perkenanan-Nya. Berserulah kepada TUHAN, maka Ia menolong kita dalam kesetiaan-Nya.

  • DEHOPE594

    22 Mei 2016

    Amin halleluyah....hanya pada dia kita bersandar..

  • LADYRULY248

    22 Mei 2016

    Renungan malam

    JANGAN PERNAH BERHENTI BERBUAT BAIK

    # Saat kita berbuat baik, mungkin orang lain akan berprasangka bahwa ada maksud buruk dibalik perbuatan baik yang kita lakukan. Tapi tetaplah berbuat baik. Kadang orang berpikir secara tidak masuk akal dan egois. Tetapi, terimalah mereka apa adanya.

    # Bila kita sukses, kita mungkin akan mempunyai musuh yang iri hati atau cemburu. Tapi jangan pedulikan mereka. Teruskanlah kesuksesan itu.

    # Saat kita  jujur dan terbuka, orang lain mungkin akan menipumu. Bersikap jujur akan mendatangkan Berkat, begitu pula sebaliknya, bila menipu akan mendatangkan kutuk. Tapi tetaplah bersikap jujur dan terbuka karena Berkat Tuhan akan dicurahkan atas kita.

    # Apa yang telah kita bangun bertahun-tahun, mungkin dapat dihancurkan orang dalam satu malam saja. Tapi janganlah berhenti dan tetaplah membangun.

    # Bila kita menemukan kedamaian dan kebahagiaan di dalam hati, orang lain mungkin akan iri hati pada kita. Tapi tetaplah berbahagia.

    # Kebaikan yang kita lakukan hari ini, mungkin besok dilupakan orang. Tetapi, jangan pernah berhenti berbuat baik karena itulah yang Tuhan inginkan dari kita.

    # Berikanlah yang terbaik dari apa yang kita miliki, dan itu mungkin tidak akan pernah cukup. Tetapi, jangan pernah berhenti untuk memberi yang terbaik.

    # Sadarilah bahwa semuanya itu ada diantara kita dan Tuhan. Tidak akan pernah ada antara kita dan orang lain. Jangan pedulikan apa yang orang lain pikir atas perbuatan baik yang kita lakukan.

    # Tetapi percayalah bahwa mata Tuhan tertuju pada orang-orang jujur dan Dia sanggup melihat ketulusan hati kita.

    “Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada

    teriak mereka minta tolong.”

    (Mazmur 34:16).

    Selamat malam

    Tuhan Yesus Memberkati

  • LADYRULY248

    23 Mei 2016

    Tuduhan dan Tindakan Perzinaan

    Ulangan 22:13-30

    Tidak jarang persoalan besar terjadi setelah masuk dalam pernikahan karena ketidakjujuran di antara pasangan sebelum pernikahan. Dalam nas ini ada tuduhan seorang suami atas ketidakperawanan istrinya (14). Hal ini dapat disebabkan oleh kebencian yang tidak dibukakan sebelum pernikahan (13). Dalam budaya Israel pada masa itu, hal ini harus dibuktikan dengan menunjukkan tanda fisik oleh orangtua perempuan di hadapan para tua-tua (15-17). Apabila tuduhan itu tidak benar, maka laki-laki itu harus dihukum dengan hajaran, denda, dan perempuan itu tetap menjadi istrinya (18-19). Apabila tuduhannya benar, maka perempuan itu harus dilempari hingga mati karena tindakannya menodai umat TUHAN, Israel (20-21).

    Dalam hal perzinaan ada perbedaan penghukuman pada orang yang telah menikah atau bertunangan yang berada di dalam kota. Apabila yang berzina adalah orang yang telah menikah atau bertunangan dan mereka melakukan hal itu di kota, dalam arti ada kesempatan meminta pertolongan bila itu adalah paksaan, maka keduanya harus dihukum mati (22-24). Apabila peristiwa itu terjadi di padang, yang kemungkinan perempuan yang telah bertunangan itu telah berteriak tetapi tidak ada yang menolong, maka hanya laki-laki itu yang dihukum mati (25-27). Tetapi bila perempuan itu masih perawan dan belum bertunangan, maka laki-laki itu harus membayar denda kepada orangtua perempuan itu dan menjadikan perempuan itu sebagai istrinya (28-29). Dalam aturan yang sama orang Israel juga dilarang untuk berzina dengan istri ayahnya, yaitu seseorang selain ibu kandungnya (30).

    Hal perzinaan telah diatur secara tegas oleh TUHAN (Kel 20:14). Larangannya jelas tidak boleh dan ada ancaman hukuman mati. Dalam hal ini juga penting kejujuran dan kesiapan menerima kondisi pasangan sebelum masuk dalam jenjang pernikahan agar tidak timbul persoalan, bahkan kebencian setelah pernikahan.

    Menjaga kekudusan hidup pernikahan adalah hal yang mutlak bagi setiap umat TUHAN.

  • RACHELREY461

    23 Mei 2016

    Selamaat pagii saudara-saudaraku..

    Firman Tuhan pagi ini ::

    Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. (1 Tesalonika 5:18)

    Ingat yah, bukan saja dalam satu hal, dua hal atau sebagian hal, tetapi mengucap syukur dalam segala hal ☺.God bless us...

    23 Mei 2016 diubah oleh RACHELREY461

  • DORLANBORU079

    23 Mei 2016

    pbs.twimg.com/media/BCP9_i2CAAAPvbW.jpg

  • LADYRULY248

    24 Mei 2016

    Syarat Menjadi Umat TUHAN

    Ulangan 23:1-25

    Ada orang-orang yang tidak boleh masuk ke dalam jemaat TUHAN. Mereka adalah yang mengalami kerusakan pada kemaluannya (1), anak haram hingga keturunan yg kesepuluh (2), seorang Amon atau Moab hingga keturunan kesepuluh (3-6), orang Mesir hingga keturunan kedua (7-8). TUHAN mengingat perbuatan jahat Amon dan Moab terhadap Israel sehingga melarang umat-Nya mengusahakan kesejahteraan terhadap mereka (5-6). Sementara Israel diingatkan untuk menerima Edom sebagai saudara dan orang Mesir mulai keturunan yang ketiga (7-8).

    Israel harus kudus dalam ibadahnya, juga dalam pertempuran. Ketika ada seorang laki-laki yang tidak tahir, orang itu harus keluar perkemahan dan membersihkan diri (9-11). Demikian pula dalam pembuangan kotoran, mereka harus menutupinya dengan pasir agar tanah itu tetap bersih (12-14). Dalam hal budak pelarian, mereka harus memperlakukannya dengan baik dan tidak menindas (15-16). Israel juga dilarang melakukan pelacuran atau semburit bakti yang merupakan bagian penyembahan berhala, apalagi mempersembahkan uang dari hasil perbuatan itu kepada TUHAN (17-18).

    Israel dilarang membungakan uang atau apapun dari saudaranya (19-20). Mereka disarankan untuk segera memenuhi nazar karena hal itu disampaikan secara sukarela. Penundaannya dapat menjadi dosa (21-23). Israel memiliki tradisi sebagaimana bangsa lainnya bahwa dalam keadaan terpaksa mereka dapat memetik anggur atau gandum dari kebun atau ladang sesamanya, tetapi tidak boleh membungkusnya atau menyabitnya (24-25).

    TUHAN menghendaki pertobatan sejati bagi mereka yang masuk ke dalam persekutuan. Dalam kasih TUHAN, bangsa lain dan saudara yang sebelumnya menjadi musuh diterima menjadi jemaat-Nya. Ingat dan praktikkan kekudusan hidup dalam kehidupan sehari-hari, dalam perang, dalam pemberian persembahan, dan dalam pemenuhan kebutuhan yang mendesak.

  • LADYRULY248

    24 Mei 2016

    Renungan pagi

    Menjadi sombong itu gampang ttpi rendah hati itu sulit

    Saat anda berpikir bahwa keberhasilanmu hanya merupakan hasil dr perjuanganmu & tdk mengakui peran org lain,saat itulah kamu bersahabat dgn kesombongan.

    Ktika kamu mrasa super,berpikir plg hebat,plg pintar,plg berjasa,plg suci dst,saat itu juga kamu tlah dihinggapi oleh roh kesombongan.

    Ktika anda lupa diri & sejarah kehdpanmu,lupa bahwa kamu juga pernah jtuh bangun menata hdp,saat itu juga kesombongan berkuasa dlm dirimu.

    Dan saat anda juga tdk pernah bersyukur atas berkat yg kamu terima,atas keberhasilanmu,rejeki yg kamu peroleh & mengesampingkan peran Tuhan,saat itu juga kamu tlah jtuh ke kekelaman kesombongan.

    Para sahabatku terkasih,brgkali anda sdkt terusik dgn paparan di atas.Brgkali juga tdk mustahil sapaan ini sdkt keras “menamparmu & menamparku”.Namun mmg benar menjdi sombong itu gampang & menjdi rendah hati itu sulit.

    Ingatlah kisah kapal mewah TITANIC,thn 1912 yg oleh pembuatnya dihinggapi kesombongan luar biasa,"bahkan Tuhan pun tdk akan mampu menenggelamkan kapal terbaik, termewah & terkuat di jagad ini,”

    Ttpi kita juga tahu kisah tragis yg terjadi kmdian.Seiring dgn kesombongan itu,kapal TITANIC menabrak gunung es,tenggelam & menelan korban sekitar 1500 org.

    Para sahabat terkasih sikap sombong mengintai smua org dr smua kalangan.Anda & saya tdk luput dr sikap itu.Karna itu slah satu musuh terbesar kita ialah kesombongan.

    So mari kita mengikis gunung kesombongan,meruntuhkan benteng kemunafikan & menerobos sekat keegoisan yg ada dlm diri kita&membangun sikap rendah hati serta menghargai sesama.

    Gantilah perasaan super menjadi keinginan mengakui bahwa kita blm ada apa2nya.

    Ubahlah pemikiran plg hebat dgn keinginan belajar memahami diri&org lain.

    Dan sikap ketidak mau tahuan akan org lain menjadi mengakui & menerima kelebihan mereka.

    Yesus mengatakan,“Siapa yg meninggikan dirinya akan direndahkan & siapa yg merendahkan dirinya akan ditinggikan(Luk 14:11)

    JCBU

  • LADYRULY248

    24 Mei 2016

    i1268.photobucket.com/albums/jj564/Nona_Ruly/Mobile%20Uploads/IMG-20130412-WA0000_zps5yznewdf.jpg

    24 Mei 2016 diubah oleh LADYRULY248

  • LADYRULY248

    25 Mei 2016

    Hal Perceraian dan Pernikahan

    Ulangan 24:1-5

    Perceraian dan menikah kembali saat ini bagaikan hal yang lumrah. Banyak pasangan melakukannya tanpa merasa bersalah. Bahkan hal ini terjadi di kalangan orang percaya.

    TUHAN menegaskan larangan bercerai bagi orang Israel (Mal 2:16a). Tetapi dalam kekerasan hati umat-Nya dan dosa yang ditimbulkan, tetap terjadi perceraian di kalangan umat Israel hingga kemudian hari (Mat 19:3, 8; 5:31). Dalam hal ini, ada izin pemberian surat cerai kepada perempuan yang tidak disukai karena ketidaksenonohan yang ditemukan padanya (1). Perempuan ini mungkin menikah lagi dan dapat diceraikan lagi atau ditinggal mati oleh suaminya yang kemudian (2-3). Apabila hal seperti ini terjadi, maka suaminya yang pertama tidak boleh menerimanya lagi sebagai istri karena perceraian dan menikah kembali merupakan perzinaan, suatu dosa di hadapan TUHAN (Mat 5:32, berbeda dengan kasus 1Kor 7:39). TUHAN sangat mengerti dan memberi kesempatan kepada umat-Nya untuk menjalani kehidupan pernikahan dengan baik. Oleh karena itu, ada kesempatan satu tahun bagi setiap laki-laki yang baru menikah untuk tidak ikut berperang (5). Hal ini harusnya menjadi pertimbangan bagi setiap pasangan baru, memberi waktu khusus untuk menyukakan hati pasangannya.

    Allah tidak pernah menghendaki perceraian. Sejak awal pernikahan dirancang untuk melengkapi pasangan suami-istri menjadi gambaran dan wakil Allah di muka bumi. Dosa telah membuat manusia melakukan perceraian dan kemudian menimbulkan dosa-dosa lain yang lebih memalukan. Allah menghendaki setiap pasangan menyukakan pasangannya sehingga dapat menghindari perceraian. Menyediakan waktu bagi pasangan akan menjadi kesempatan yang baik untuk hal itu.

    Jagalah hidup pernikahan dalam kekudusan dan hindari perceraian! Berikan kesempatan untuk saling menyukakan di antara pasangan hidup kita. Jangan sampai kesibukan pekerjaan dan sebagainya merenggut kesukaan itu dan memberi kesempatan dosa bertumbuh di dalamnya.

  • LADYRULY248

    25 Mei 2016

    i1268.photobucket.com/albums/jj564/Nona_Ruly/Mobile%20Uploads/Screenshot_2016-05-25-04-45-39_com.android.chrome_1464126594694_zpswgynvxnw.jpg

  • LADYRULY248

    26 Mei 2016

    Harus Ingat: Dahulu Budak

    Ulangan 24:6-22

    O rang Israel dilarang membuat saudaranya menderita, meskipun itu karena gadaian. Apabila mengambil gadaian, jangan mengambil barang yang menjadi mata pencaharian utama orang tersebut, karena itu sama saja seperti membunuhnya (6). Kalaupun datang ke rumahnya harus menunggu orang itu sendiri membawa barang gadaiannya. Jangan masuk apalagi menyita dari rumahnya. Apabila saudaranya itu miskin, hingga menggadaikan pakaian yang dikenakannya, pakaian itu harus dikembalikan sore harinya (10-13).

    Orang Israel harus terus ingat kondisi mereka dahulu sebagai budak di Mesir (18, 22). Mereka berada dalam tekanan bangsa asing. Karena itu mereka tidak boleh menekan sesamanya apalagi menculik dan menjual saudaranya. Kejahatan seperti ini mendatangkan hukuman mati (7). Mereka harus berhati-hati dalam sikap dan perkataan terhadap sesamanya, dan mengingat penyakit kusta yang ditimpakan TUHAN atas Miryam (8-9). Ingatan sebagai budak juga mewajibkan mereka untuk tidak memeras pekerja harian yang miskin. Mereka harus segera membayar upahnya hari itu juga (14-15). Demikian juga mereka dilarang berbuat jahat terhadap orang asing, anak yatim dan janda; bahkan harus meninggalkan hasil ladang atau panennya bagi mereka (17, 19-21). Hal yang penting dalam teks ini, tidak seperti aturan sebelumnya bahwa kesalahan ayah ditimpakan kepada keturunannya. Di sini, ayah dan anak harus menanggung akibat dosanya masing-masing (16).

    Setiap orang percaya diingatkan untuk tidak melupakan masa lalunya, yang menderita bukan hanya dalam hal fisik, tetapi terbelenggu dalam dosa. Kehidupan nyaman yang diperoleh saat ini dalam kasih karunia TUHAN seharusnya menjadi kesempatan untuk menyatakan kasih kepada sesama yang menderita dengan tidak menekan apalagi menyiksa mereka. Mencukupkan diri terhadap apa yang sudah dimiliki dan rela berbagi akan menjadi suatu kesempatan untuk memelihara dan mengangkat kehidupan saudara kita yang berkekurangan. [JH]

  • LADYRULY248

    26 Mei 2016

    Maju trus pantang mundur

    Hilang 1 tumbuh 1000 yukkk dipilih...dipilih....hehe

    i1268.photobucket.com/albums/jj564/Nona_Ruly/Mobile%20Uploads/Screenshot_2016-05-25-05-03-33_com.android.chrome_1464131931230_zpsln03fhxe.jpg

  • LADYRULY248

    26 Mei 2016

    i1268.photobucket.com/albums/jj564/Nona_Ruly/Mobile%20Uploads/Screenshot_2016-05-25-05-04-34_com.android.chrome_1464131902910_zpsojk9ftgz.jpg

  • LADYRULY248

    26 Mei 2016

    i1268.photobucket.com/albums/jj564/Nona_Ruly/Mobile%20Uploads/Screenshot_2016-05-25-05-03-13_com.android.chrome_1464131952366_zps0fed0mix.jpg

201 – 225 dari 638    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 8  9  10 ... 26  Selanjutnya Topik ditutup